Persiapan liburan ke pantai bersama balita

Bulan desember kemarin, gw dan Olong liburan ke Nias. Ini bukan pertama kalinya liburan sama Olong, tapi ini pertama kalinya gw pergi ke daerah laut sama Olong. Kita sempet beberapa kali ke bali sih, tapi paling cuma jalan disekitar pantai, ga beneran nyebur ke laut. Nah karena Nias ini adalah daerah kepulauan, gw memanfaatkan moment ini untuk ngajak Olong berenang di laut dan snorkeling, bahkan kalo bisa surfing, karena Nias ini adalah salah satu spot surfing paling terkenal.

Nah pas mau packing, ternyata banyak barang yang diluar list yang biasa gw pake (gw punya list untuk liburan jadi tiap kalo mau pergi tinggal packing sesuai list tersebut). Beberapa tahun lalu pun gw pernah share peralatan apa aja yang harus dibawa untuk liburan bareng anak, khususnya bepergian jauh. Nah ini barang – barang yang gw bawa kemarin dan menurut gw berguna banget (gw sertakan foto dan link dari sewaperalatanbayi.com ya karena barang ini bisa banget untuk disewa) :

1. Handuk Microfiber. Handuk ini biasanya dipake buat renang, tapi kalo gw biasanya pake buat travelling karena gampang kering. Kalo handuk kan susah kering jadi gampang bau. Nah ini cocok banget buat dipake setelah nyemplung di laut

2. Sepatu Pantai. Untuk sepatu gw pilih Nike Sunray Adjust 2 Sandals Photo Blue. Sepatu ini cocok banget buat dipake diarea basah dan berpasir. Ngebersihinnya pun gampang banget tinggal dibilas. Dan pastinya gak licin ya walopun dipake untuk basah – basahan.

3. Raincoat. Ini barang yang ga pernah ga gw bawa. Kalo bawa stroller, gw bawa raincover stroller, tapi karena ga bawa, gw bawa raincoat. Kali ini gw bawa yang Uniqlo Kids Pocketable Parka , karena bahannya tipis, cocok untuk iklim tropis. Kalo untuk ke negara 4 musim, beda lagi ya, gw bawa yang petite bateau. Yang gw suka lagi dari jaket ini, karena ini parka, jadi mampu menahan angin, dan bisa dilipet kecil banget. Kalo lagi ga dipake ga bulky untuk dimasukkan ke tas.

4.Speedo Life Vest. Biasanya kalo ambil paket snorkeling, pasti udah termasuk sewa pelampung dan snorkle set. Tapi buat Olong gw khusus bawa karena yang biasanya disediain ukuran dewasa. Selain ukurannya pas di badan anak, di bagian selangkangan juga ada buckle nya, jadi mencegah vest naik – naik pas dipake renang.

5.Speedo Snorkle Set. Sama seperti vest, snorkle set yang disediakan juga biasanya ukuran dewasa dan kualitasnya kadang ga bagus. Gw pastiin gogle yang Olong pake harus pas dikepala, karena kemasukan air laut ga enak bgt rasanya. Gw rekomen banget ini Speedo Junior Snorkeling Combo kalo emang mau snorkeling

6. Nah terakhir, tapi paling penting, bawa tas apa? Paling enak sih emang koper, tinggal tarik aja. Tapi jadwal kita kan ada yang harus turun naik kapal. Ga cocok kalo harus bawa koper. Sedangkan kalo bawa backpack berat 😦 Nah setelah seminggu bolak balik browsing, ketemulah tas Osprey Meridian ini. Tas backpack yang ada rodanya. Nah kelebihannya menurut gw yang bikin gw jatuh cinta adalah:

⁃ dibuka nya kayak koper ga kayak carrier.

⁃ pas lagi dipake rodanya, manuvernya enak bgt, pas digeret juga rasanya enteng.

⁃ dan pas dipake sebagai backpack, nyaman banget. Emang osprey ini udah terkenal banget sangat ergonomis kalo dipake.

⁃ kapasitasnya 45L cukup untuk gw dan Olong seminggu. Dan ada daypack 15L yang attach ke tas utama. Jadi total 60L. Mirip sama tas deuter traveller gw. Cuma yang osprey ini jauh lebih enak kalo dipake.

7. Nah selain gear diatas, jangan lupa ya bawa printilan standar seperti sunblock muka, suncblock badan, after sun lotion dan autan!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s