Cara Membuat Visa Amerika

Untuk apply visa amerika ada 3 step yang perlu dilakukan. Mendaftar online, membayar biaya visa dan interview!

Step pertama, mendaftar online. Kamu perlu mengisi formulir dulu, yaitu formulir DS – 160, link nya ini : https://ceac.state.gov/genniv/
Masukkan negara tempat kamu mendaftar visa ini lalu klik “START AN APPLICATION”, kamu akan langsung mendapatkan nomor application ID di kanan atas. Catat ya karena nomor ini ga akan dikirim ke email sampe pendaftaran selesai. Jadi kalo ditengah – tengah kamu mau break dulu, kamu bisa lanjutin lagi dengan masukin nomor aplikasi ini, tapi kalo engga berarti kamu harus ulang dari awal.

Membuat Visa Amerika Sendiri

Yang harus diisi di form DS – 160 ini adalah pertanyaan mengenai data pribadi. Jadi semestinya kamu akan bisa jawab semuanya. Bahkan menurut saya yang harus diisi jauh lebih gampang daripada pertanyaan ketika apply visa UK. Oia, semua pertanyaan wajib dijawab, kalo ga kamu ga akan bisa proceed ke step selanjutnya.
Yang kamu harus siapkan ketika isi form DS – 160 ini adalah, pasport, KTP, alamat hotel kamu disana, dan soft copy pas foto. Kalo kamu ga punya contact person di amerika, kamu bisa masukin nama dan alamat hotel kamu.
Setelah selesai mengisi form, kamu bisa membuat janji temu untuk interview. Kamu perlu membuat akun lagi pada link berikut : https://cgifederal.secure.force.com/?language=Indonesian&country=Indonesia
Daftarkan e-mail kamu lalu login. Kemudian pilih new application. Setelah itu akan ada pertanyaan pilihan mengenai jenis visa yang kamu inginkan dan tempat kamu akan mengajukan visa tersebut.

Membuat Visa Amerika Sendiri

Setelah memilih jenis visa, baru akan masuk ke halaman data pribadi. Masukkan data pribadi kamu dan nomor formulir DS – 160 kamu. Nah kalo kamu apply untuk lebih dari 1 orang, kamu harus isi formulir DS – 160 untuk masing – masing orang. Tapi untuk mendaftarkan interview, kamu hanya perlu 1 kali buat akun saja. Kayak saya kemarin buat visa untuk 2 orang, saya isi 2 formulir DS – 160, tapi hanya buat 1 janji temu. Setelah isi data, pilih apakah visa kamu akan diambil atau dikirim. Karena penerima harus pemilik paspor sendiri dan saya jarang dirumah, saya pilih untuk ambil sendiri paspor saya di FEDEX kuningan.

Cara Membuat Visa Amerika

Step kedua. Pembayaran visa. Setelah mebuat akun pada link kedua, kamu akan diberikan instruksi untuk melakukan pembayaran biaya visa. Biaya pembuatan visa adalah 2.240.000 per orang dan hanya bisa dilakukan melalui setor tunai di bank CIMB Niaga. Saya melakukan pembayaran untuk 2 orang, tapi karena kami apply untuk 1 jadwal interview, maka cukup 1 kali setor aja dengan menggunakan 1 slip setoran.
Saya melakukan pembayaran melalui bank CIMB Niaga Kemang. Ketika saya sampe di cabang bank Niaga, saya langsung tanya ke satpam, kemudian satpam menjelaskan form apa yang harus saya gunakan dan apa saja yang harus saya isi, antri di teller, kemudian melakukan pembayaran. Harap perhatikan expired date dari instruksi pembayaran kalian, karena kalo sudah expired dan terlanjur melakukan transfer maka akan butuh waktu yang cukup lama untuk proses refundnya.
Setelah melakukan pembayaran, teller akan memberikan slip kuning sebagai bukti setor dan kode yang harus kamu masukkan lagi di web https://cgifederal.secure.force.com/?language=Indonesian&country=Indonesia untuk membuat janji temu. Setelah memilih tanggal dan jam interview, konfirmasi janji temu akan dikirim melalui e-mail.

Cara membuat visa amerika
Cara membuat visa amerika

Step terakhir, step ketiga adalah interview. Ketika kamu interview, kamu tidak boleh membawa benda apapun kecuali yang diminta. Jadi sebaiknya apapun yang kira – kira ga kepake, kamu tinggal aja dirumah.
Nah yang diminta dibawa pada saat interview adalah : halaman depan form DS – 160, pas foto terbaru berlatar belakang putih dengan ukuran 5X5 dicetak di lembar glossy, konfirmasi janji temu, paspor, dan bukti pembayaran.

Cara Membuat Visa Amerika

Dokumen lain yang saya bawa : KTP, KK, akta lahir, akta pernikahan, surat keterangan kerja suami, dan mutasi tabugan 3 bulan terakhir. Tas boleh dibawa masuk tapi handphone dan modem bolt harus dititip.
Karena kebagian interview jam 9, jadi jam 7 pagi saya udah berangkat dari rumah. Sengaja naik gojek karena disana ga ada tempat parkir. Kalo kalian ada supir lebih baik bawa supir daripada susah cari parkir. Atau naik ojol, taxi atau taxol.
Sampe disana jam 8, ternyata langsung boleh masuk dan masuk kedalam antrian. Antriannya lumayan lama, sekitar 1 jam untuk sampe ke screening pertama. Di screening pertama cuma diminta dokumen DS – 160 dan foto, kemudian ditanya mau ngapain ke amerika. Baru lanjut masuk ke ruangan interview. Didalam ruangan interview, harus antri dulu untuk masukin sidik jari baru pindah ke row berikutnya. Ga lama kemudian nama kita berdua dipanggil, dapet window interview paling kiri, yang interview bule cewe tapi untungnya dia ngajak ngomong pake bahasa indonesia. Pertanyaannya ga banyak,
1. Mau ngapain ke amerika : liburan
2. Sama siapa aja : sama anak dan suami, tapi suami kerja dulu jadi apply visa ga barengan karena visa suami diurus kantor.
3. Kamu kerja apa : punya sewa peralatan bayi
4. Websitenya apa : sewaperalatanbayi.com (kemudian dia ketik2 di komputernya)
5. Apa bedanya mountain buggy terrain dan baby jogger city tour : (agak kaget ga nyangka ditanyain ginian) *menjelaskan dengan agak gugup*
6. Apa bedanya medela swing maxi dan medela freestyle : *menjelaskan dengan PEDE*
7. Berapa penghasilan kamu perbulan : *sekian*
8. Ok, saya mau liat muka anak kamu (seperti biasa Olong pake baju super heroe beserta topengnya) (buka topeng dikit).
9. Boleh liat akta kelahirannya : *nyodorin*
10. Ok visa approved
Sampe detik ini masih ga ngeh kalo visa udah di approved saat itu juga. Trus malamnya langsung dapat email kalo visa sudah bisa diambil di FEDEX. Baru ngeh kalo visa udah approved.
Akhirnya besoknya langsung buru – buru ke FEDEX dan yes!! Visa approved untuk 5 tahun!

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *