Halodoc memudahkan mama millenials untuk konsultasi dokter dan membeli obat

Hidup sebagai mama di jaman millenials sebenernya sangat menguntungkan. Di era ini mencari informasi sangat – sangatlah mudah, apalagi sekarang hampir semua handphhone berbasis internet. Beda banget dengan jaman orang tua kita dulu. Kalau mau mencari referensi ya harus baca buku, tanya orang tua, atau tanya tetangga. Ngomong – ngomong mama, sebagai seorang mama, emang udah kodratnya kali ya, seorang mama tuh pada dasarnya khawatiran sama anaknya. Apalagi mahmud abas alias mamah muda anak baru satu kayak saya. Saya inget banget pertama kali Olong demam, bukan cuma khawatir, tapi bahkan panik. Sampe – sampe dokter anaknya Olong nanya, “ini pertama kalinya Olong sakit ya bu?” Iya emang bener, justru karena baru anak pertama, dan pertama kali sakit, saya jadi panik. Bukan berarti kalo sekarang Olong sakit saya ga khawatir lagi, tapiiii… Ya namanya juga anak pertama, ga ada pengalaman. Mau nanya sama orang tua, tapi ga yakin juga apakah teori jaman saya kecil masih bisa di aplikasikan ke jaman now? Karena jaman dulu saya kecil, kalo demam di kompresnya malah sama air dingin loh. Padahal yang saya tau sekarang kan kalo demam, justru dikompres dengan air hangat.
Nah sabtu kemarin nih, saya diundang sama The Urban Mama di acara nya Halodoc. Halodoc ini merupakan aplikasi handphone yang berisi fitur – fitur seperti : konsultasi dokter, layanan lab, dan juga pharmacy 24 jam. Halodoc juga bias diakses melalui browser, dengan alamat webnya : www.halodoc.com . Selain itu bisa juga kepo – kepo IG nya @halodoc atau FB @HalodocID, jangan lupa cek hestek #katadokterHalodoc.
Di acara Halodoc kemarin, tema yang diangkat adalah “mitos dan fakta seputar penyakit pada anak”, saya suka sekali sama sharing story dari para narasumber, karena mengingatkan saya pada waktu Olong bayi dulu. Rasanya dulu saya sering banget parno sama hal – hal kecil ya gara – gara banyaknya mitos sama penyakit pada anak ini, bahkan untuk penyakit ringan seperti batuk dan pilek pun. Saya sebagai orang tua, selalu berusaha memberikan yang terbaik buat Olong. Terutama dibidang kesehatan, supaya Olong tidak over treatment, apalagi under treatment. Tapi yang terbaik.
Makanya ya, sesampainya dirumah, saya pun mencoba install aplikasi halodoc melalui apple store dihandphone saya.

Aplikasi halodoc ini gratis, tapi untuk bisa memakai aplikasi ini saya diharuskan untuk registrasi nomor handphone, dan memasukkan lokasi saya, aplikasi halodoc secara otomatis akan mencarikan farmasi dan juga lab yang terdekat dengan lokasi saya berada. Kemudian, apliaksi halodoc akan mengirimkan SMS yang berisi kode untuk aktifasi.
Tab pertama aplikasi halodoc adalah home, yang berisi 3 fitur, yaitu contact doctor, pharmacy delivery dan lab service.

Dokter – dokter yang praktek adalah dokter gigi, dokter umum dan juga dokter spesialis, antara lain spesialis kulit dan kelamin, spesialis penyakit dalam, spesialis mata, spesialis obstetric dan gynecology, THT, spesialis kejiwaan, dan yang paling penting banget nih buat saya sebagai mama, dokter spesialis anak. Enak dong bisa konsultasi dengan dokter anak tanpa harus buat appointment dari jauh – jauh hari dan tanpa harus antri ber jam-jam di rumah sakit. Belum macetnya perjalanan dari rumah ke rumah sakit dan perjalanan pulangnya. Trus, cara konsulnya gimana? Konsulnya lewat video call cyinn.. Hits banget ya. Oia tolong di note, jam praktek tiap dokter beda – beda, bisa dicek profil dokternya, tapiii untuk dokter umum, ada yang standby dong 24 jam. Ini wow banget sih. Trus pas tadi saya cek, biaya konsultasinya masih gratis masa. Emak – emak mana yang ga suka gratisan coba. Hahaha… walaupun kalau udah ga gratis menurut saya harga nya masuk akal banget, cuma 35ribu aja untuk biaya konsultasi. Sukaaaaa…

Fitur kedua, pharmacy delivery, selain melayani obat – obatan OTC (over the counter), juga bisa melayani obat resep dokter dengan meng-upload foto resep yang diberikan dokter di aplikasi. Kemudian obat akan diantarkan ke alamat yang kita input ke aplikasi, ongkirnya gimana? Freong sis! Alian free ongkir. Sama seperti layanan konsultasi dokter, layanan ini juga ada 24 jam. Untuk obat – obatan OTC nya pun lengkap pilihannya, dan dikategorikan dari jenis penyakit, sehingga memudahkan saya untuk mencari obat sesuai kebutuhan penyakit. Ya maklum lah mamak – mamak, banyakan lupanya. Pernah kemarin pas suami saya kambuh alerginya, ada kali setengah jam koprek – koprek tempat obat untuk nyari nama obat alergi, yang saya ga inget namanya, karena memang udah lama ga kumat alerginya.


Fitur terakhir, fitur Lab, yang dijalankan oleh prodia. Salah satu lab yang kredibel dong ya. Nah untuk fitur lab ini kece banget sebenernya. Karena sama seperti pharmacy – nya, layanan lab ini bisa datang kerumah. Kita cukup pilih jenis layanan, kemudian masukkan tanggal dan jam yang kita mau, konfirmasi bookingan, kemudian petugas lab yang akan datang kerumah untuk tes lab. Kece kaannn.. Metode pembayarannya juga bisa menggunakan debit / credit card dengan konfirmasi dulu ke petugas yang akan menghubungi kita nantinya. Untuk jenis layanan dari lab prodia ini juga sudah di kategorisasikan sesuai kebutuhan, bener – bener tinggal klik.


Tab kedua adalah profil kita. Nah selain profil saya, saya juga bisa memasukkan anggota keluarga lain seperti suami, anak dan orang tua. Belakangan saya tau kalo profil anggota keluarga bisa dimasukkan agar kita bisa langsung memasukkan nama pasien ketika kita mau booking untuk salah satu layanan halodoc diatas.

Kemudian lanjut ya, selain layanan diatas, aplikasi halodoc juga punya tab artikel nih. Sengaja saya mention disini karena, memang sih kita mudah cari artikel di internet, tapi sejauh apa kita bisa percaya sama artikel yang kita cari di google? Ga jarang loh link – link yang kita klik itu ternyata link blog yang sumbernya juga copy-paste dari link lain. Malahan kadang – kadang ujungnya iklan jualan obat! Kalo sumbernya jelas seperti di halodoc ini dong kita jadi lebih nyaman untuk mengikuti tips – tips yang ada di artikel. Seperti artikel ini.. yang timing nya tepat banget karena saya lagi galau, Olong lagi batuk pilek tapi udah jadwalnya Olong vaksin DPT ke 2.

Nah di tab terakhir, ada fitur yang menurut saya nih sebagai emak – emak yang lupaan, sangat pentiiing banget. Apakah ituuu… Itu adalah fitur reminder. Jadi fitur ini akan mengingatkan saya untuk minum obat setiap harinya. Iya saya sepelupa itu 😀
Oia buat kita yang kadang suka cashless, di halodoc ada fitur wallet. Kita bisa memasukkan kredit untuk melalukan pembayaran atas layanan – layanan yang ada di halodoc. Untuk membeli kredit, kita bisa membayar melalui kartu kredit, ATM bersama, internet banking dan juga doku.


Fitur terakhir yang sebenernya kece juga, yaitu aplikasi halodoc ini bisa link ke asuransi kita. Sayangnya, sayanggg banget, baru ada tiga pilihan asuransi yang bisa di link ke aplikasi halodoc, dan ketiganya bukan asuransi sayaa..
Jadi kesimpulannya, walaupun memori handphone, entahlah, sedikit banget, tapi, aplikasi halodoc ini menurut saya penting banget jadilah aplikasi ini salah satu aplikasi yang saya pertahankan untuk terus tetap ada (selain aplikasi social media dong tentunya :D).

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *