Cara membuat SIM internasional

Karena nanti di melbourne gw akan sewa mobil, maka gw akan menjelaskan cara membuat SIM internasional. Di beberapa web dijelaskan, kalo SIM indonesia diterima di australi, tapi gw memutuskan untuk buat aja, siapa tau butuh untuk trip berikutnya.

Tempat membuat SIM internasional letaknya di kompleks korlantas POLRI, di jalan MT Haryono, pancoran. Tepatnya diantara menara hijau dan gedung KAO. Buka mulai jam 8.30 sampai jam 3 sore, dan ada jeda istirahat jam 12 – jam 1. Biaya pembuatan SIM internasional adalah sebesar 250 ribu, harus dibayarkan secara tunai, tapi kalo lupa ambil uang, ada ATM BCA dan Mandiri di kompleks KORLANTAS POLRI. Oia, persyaratan SIM internasional sendiri adalah sebagai berikut :

  • Asli & Fotokopi KTP
  • Asli & Fotokopi SIM
  • Asli & Fotokopi Paspor
  • 3 lembar pas foto berlatar belakang biru (pria menggunakan pakaian jas dan wanita menggunakan blazer)
  • 1 lembar materai 6000

Tapi sih kenyataannya disana gw cuma diminta fotokopinya semua.

Ketika datang, gw sudah bawa semua persyaratan, kecuali materai yang gw bingung beli dimana. Nah pas kita masuk dan diperiksa oleh bapak polisi penjaga, beliau tanya apa persyaratan gw sudah lengkap, gw bilang kurang materai, lalu beliau nunjukkin gw satu warung yang menjual materai. Lalu setelah gw parkir, gw pun mendatangi warung itu. Dan ternyata selain materai, disini juga bisa fotokopi dan bahkan menyediakan jasa pasfoto! Warbiasakk memang ya orang indonesia.. Pintar mencari kesempatan dan mengais rejeki.

Warung Uwa Tea
Warung Uwa Tea
ATM BCA Korlantas POLRI
ATM BCA Korlantas POLRI

Setelah beli materai, gw liat masih jam 12.30, akhirnya gw memutuskan makan dulu di warung itu. Gw pesen nasi bebek yang ternyata endolll! Dan gw pesenin pecel lele buat Olong. Hahaha aslik, gw masih kepikiran sama nasi bebek itu, ya tapi masa gw harus balik kesitu lagi, ntar dipintu masuk bilang sama polisi penjaganya apa, masa kesini cuma buat makan nasi bebek 😀

Setelah makan gw pun langsung menuju gedung pembuatan SIM internasional yang ada nya disebelah gedung NTMC POLRI. Lalu gw ambil nomor di queing matic machine, dan langsung masuk kedalam ruangan. Sebelum gw hanya ada 2 nomor antrian. Prosesnya pun cepat, hanya sekitar 5 menit gw dipanggil, lalu diminta semua persyaratan, lalu diminta membayar kekasir. Setelah itu gw dipanggil untuk foto dan sidik jari, meskipun foto yang dipake di SIM internasional gw adalah pasfoto yang gw bawa.

NTMC POLRI
NTMC POLRI
Gedung Pelayanan SIM Internasional
Gedung Pelayanan SIM Internasional
Tempat Pembuatan SIM Internasional
Tempat Pembuatan SIM Internasional dan Queing Machine
Ruang Tunggu Pembuatan SIM Internasional
Ruang Tunggu Pembuatan SIM Internasional

Taraaaa… in within 15 minutes jadilah SIM internasional gw! So warnambool here we come!!

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *