Mempersiapkan dana liburan dalam waktu singkat

Tulisan ini adalah merupakan lanjutan dari cerita persiapan trip australia gw. Kemarin gw sudah cerita tentang persiapan mental dan persiapan dokumen sebelum berangkat ke australia disini https://tacanglala.com/2016/10/11/6-persyaratan-yang-harus-disiapkan-ketika-mengurus-visa-australia/ Sekarang gw akan cerita tentang persiapan dana liburan gw kali ini. Karena trip kali ini sebenernya ga ada di plan gw tahun ini, artinya gw belum punya budget untuk trip ini. Tapi juga sebenernya ga dadakan amat, karena trip ini tercetus di bulan mei sedangkan keberangkatan masih bulan desember, jadi gw punya waktu 7 bulan untuk “mencicil”. Berikut skema cicilan gw dari bulan pertama :

  1. Karena tujuan utama kita ke melbourne adalah untuk nonton konser coldplay, jadi dibulan pertama budget gw alokasi kan untuk beli tiket konser coldplay melbourne desember 2016.
  2. Setelah tiket, yang gw beli berikutnya adalah tiket. Sebenernya tiket tidak diperlukan dalam pengurusan visa, tapi gw pilih beli tiket dari jauh hari supaya bisa dapet harga yang lebih murah. Dan karena ini cicilan, jadi bulan ini gw beli tiket perginya dulu. Ada beberapa cara untuk dapet tiket murah, pertama datang ke travel fair, yang ini gw ga bisa lakukan, karena travel fair rata – rata adanya diakhir tahun. Kedua promo website, sebenernya dibulan juni sempet ada airasia big sale, tapi sayang untuk travel date tahun depan. Ketiga, rajin -rajin cek harga. Gw pun bukan rajin lagi, setiap hari gw cek skyscanner, maupun web resmi masing – masing maskapai. Sampai akhirnya gw berhasil dapet tiket jakarta – sydney (direct) menggunakan full serviced airlines tapi seharga budget airlines 😀
  3. Bulan ketiga gw beli tiket pulang. Membeli tiket PP memang biasanya lebih murah daripada ngeteng kayak gw ini, tapi beberapa kali gw cek, bedanya gak terlalu jauh. Lagipula, kita bisa mengakali selisih harga dengan mencari promo di maskapai lain. Contohnya gw pergi menggunakan garuda, tapi ternyata tiket pulang garuda mahal, jadi gw ambil dari maskapai lain yang jauh lebih murah.
  4. Kemudian yang harus gw persiapkan adalah kebutuhan gw selama disana. Semua yang bisa gw bayar in advance, akan gw bayar dulu. Selain mengurangi jumlah cash yang harus gw bayar, gw juga menghindari penggunaan kartu kredit selama disana, karena kurs kartu kredit jauh lebih mahal daripada kurs money changer. Kebutuhan yang bisa gw bayar dulu adalah akomodasi, transportasi, karena gw akan mengunjungi sepupu gw di warnambool, dan gw memutuskan untuk menyewa mobil, dengan alasan yang sama seperti ketika gw menyewa mobil di trip turki dan yunani gw, selisih harga yang sedikit dan fleksibilitas waktu. Oia, tiket – tiket tempat wisata juga biasanya gw beli in advance supaya sampe sana gw ga perlu antri lagi.
  5. Gw memutuskan untuk mengunjungi sydney juga selain melbourne, karena jaraknya yang dekat. Kayaknya sayang udah jauh – jauh tapi hanya ke melbourne. Sebenernya gw bisa juga ke gold coast sebagai kota ketiga, tapi sebelum ke melbourne gw akan ke warnambool dulu, jadi goldcoast pun gw skip karena waktunya ga cukup. Tiket PP udah gw kantongi, sekarang giliran gw untuk beli tiket sydney – melbourne nya. Selain itu dibulan ini pun gw mulai mengurus visa. Gw sengaja mengurus diawal (3 bulan sebelum keberangkatan), karena status gw sebagai ibu rumah tangga, jadi kalo ada kekurangan dokumen dalam pengurusan visa, bisa gw lengkapi secepatnya.
  6. 2 bulan terakhir gw fokus menabung untuk biaya hidup gw disana. Gw berpacu pada expatistan.com untuk biaya hidup gw selama disana. Biasanya kalo pergi sama nyanyang, kita suka mix antara masak sendiri dan makan diluar, tapi karena kali ini pergi cuma berdua doang sama Olong, asumsi gw, kita akan makan diluar terus supaya hemat waktu. Selain itu gw juga butuh cash untuk transportasi dalam kota. Kalo untuk belanja / shopping, biasanya gw pake kartu kredit, karena gw ga punya budget khusus, kalo kebetulan aja ketemu barang yang gw butuh atau pengen. Kayak pas gw ke yunani, ternyata lagi summer sale, jadilah gw borong baju – baju dan sepatu buat Olong. Sampe sekarang setahun setelahnya, gw ga beli – beli lagi baju dan sepatu buat Olong karena gw stok sampe beberapa size keatas.

 

Ini tips dari gw untuk mempersiapkan dana liburan yang singkat, next gw akan tulis mengenai peralatan tempur yang akan gw bawa selama trip. See you!

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *