Halo Niko! Restoran masakan yunani dan jawa

Pertama kali gw mencoba makanan yunani, yaitu waktu gw masih kuliah, kira – kira 14 tahun lalu. Restotan itu namanya mykonos, adanya di citos. Waktu itu gw lagi kedatangan tamu dari jerman, dan dialah yang mengajak gw untuk mencoba masakan yunani. Gw sendiri sih ga kepikiran untuk mencoba masakan yunani, karena ga ngerti mau pesen apa, padahal dulu gw sering banget ke citos.  Dan bener aja, pas gw buka menunya, emang ga ngerti. Makanya gw ga nyangka kalo ternyata gw akan suka sama masakan yunani! Setelah itu, gw pun jadi regular customer di mykonos. Cuma sayang, beberapa tahun setelahnya restoran ini tutup. Gw sempet beberapa kali makan di restoran mykonos yang di bali, tapi jujur aja, menurut gw rasanya kurang.

Setelah itu gw sempet coba beberapa restoran yunani lagi seperti yamas, yang menurut gw enak, tapi restoran ini juga ga terlalu lama bertahan. Lalu kemudian ga sengaja gw liat restoran halo niko. Restoran ini letak nya 1 kompleks dengan ace hardware pejaten. Gw memang sering makan disini, kadang di vineth, atau cali deli, atau sekedar ngopi di starbucksnya. Awalnya agak sangsi sih, soalnya mereka state dipapan nya, makasan yunani dan jawa, jadi gw pikir semacam restoran fushion gitu. Tapi ternyata maksudnya memang halo niko ini serve makanan yunani dan makanan jawa, karena pemiliknya ini orang yunani yang kawin dengan orang jawa.

Karena waktu itu gw dateng ramean, jadi kita coba keduanya, gw pesen makanan jawa, sedangkan yang lain pesen masakan yunani. Emang gak nyambung sih, cuma ternyata rasa nya enak, baik yang masakan yunani maupun masakan jawanya. Gw waktu itu pesen nasi rames yang di menu namanya dhahar gembul. Isinya nasi putih, pecel, sate dan gorengan. Dan semuanya enak. Bumbu pecelnya pas, satenya juga enak. Pada dasarnya lidah gw ini lidah indonesia, sulit memuaskan lidah gw pake masakan bule. Cuma, masakan yunani ini beda, kayak mousaka, menurut gw ini kayak pastel tutup nya belanda, tapi versi lebih pas, ga eneg.  Gw jadi teringat sama trip turki  dan yunani gw tahun lalu, dimana gw pergi hampir 1 bulan tanpa rindu sama masakan indonesia sama sekali. Perut dan lidah gw bener – bener dimanja sama makanan yunani dan turki yang memang hampir mirip – mirip. Bedanya kalo di turki mereka pake daging kambing dan sapi, kalo yunani pake daging babi dan sapi, dan tentunya fresh seafood!

Nah kemarin, gw mampir lagi ke halo niko sama nyokap. Karena cuma berdua dan bukan jam makan, kita hanya pesan 1 salad dan 1 main course. Lah awalnya kita kesini mau nyemil, tapi gw tergoda banget buat pesen makanannya 😀 Dan kita pun pesen greek meatballs, ini mirip banget sama spageti bolognaise penampilannya, tapi rasanya beda, krn ga suka masak, gw jadi susah menjelaskan secara bumbu, cuma buat lidah gw ini pas! Buat saladnya gw pesen greek salad. Yang membedakan greek salad dari salad lainnya yaitu adanya irisan olive didalam salad. Rasa asem – asem sepetnya pas banget dipadu sama balsamic vinegar sebagai dressingnya. Some food blogger says, halo niko ini tidak authentic greek, mungkin memang rasanya sudah di indonesia kan. I’m not sure, soalnya beberapa kali gw kesana, chef nya adalah ownernya sendiri, si bule yunani. Mungkin om bule kelamaan tinggal di indonesia, atau memang ini seleranya om bule. Karena sepengalaman gw, dari sekian banyak sayur asem yang gw pernah coba, gak satupun yang rasanya sama, ada yang asem, ada yang manis, ada yang gurih, malahan ada yang pedes.

Greek Meat Balls
Greek Meat Balls
Greek Salad
Greek Salad
Hallo Niko
Hallo Niko

Selain makanannya, gw pun juga suka tempatnya. Dekorasinya pas, sengaja dibuat gak berseragam, masing – masing meja punya desain yang berbeda. Tempatnya enak buat bersantai, makanya tadinya kita kesini memang untuk sekedar “ngaso” tapi ending nya malah makan berat. Ini tentunya bukan kedua kali nya gw kesini tapi kesekian kalinya, this definitely one of my fav place to go. So, would you try greek food?

4 thoughts on “Halo Niko! Restoran masakan yunani dan jawa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s