PRJ 2016

PRJ itu event yang selalu gw tunggu2 setiap tahunnya. Seneng aja ke PRJ, banyak ciki ((CIKI)) haha.. padahal sebenernya gak ada juga yang dibeli sih. Cuma di jakarta ini kan jarang event seperti ini. Makanya, ke PRJ kali ini, gw yang semangat sebenernya 😀 Soalnya udah 2 tahun absen, tahun pertama karena Olong masih kekecilan, dan tahun kedua krn gw lagi sibuk banget saat itu ngurusin trip turki-yunani, terutama bikin visa schengen melalui kedutaan yunani. Jadi tahun ini semacam pelepas kangen #tsahh..

Sebelum ke PRJ, kita buka dulu web resmi nya http://www.jakartafair.co.id , supaya tau, hiburan anaknya apa aja sih. Krn jam buka PRJ kan gak lama, kita gak mau habis waktu untuk puter2. Ternyata, cukup banyak juga hiburan anaknya. Tahun2 sebelum nya ke PRJ kan gw gak fokus ke hiburan anak ya.. Ada 3 arena yang jadi tujuan kita, snow village, wild west arena, dan garden light festival.

PRJ itu jauh banget sih dari ciganjur, untungnya ada shuttle gratis ke PRJ. Ada 2 rute yang bisa kita naikin. Dari monas dan stasiun juanda. Kita memutuskan naik yang dari monas krn takut penuh kalo naik kereta. Jadi kita mulai dari busway ragunan monas dan lanjut shuttle monas – PRJ. Shuttle bus nya itu bus transjakarta yang lama2 (jelek nan butut) tapi versi udah di rapihin dan didinginin AC nya. Nah kalo naik shuttle, kita akan turun di gambir expo. Di gambir expo ini lah lokasi dari garden light festival. Makanya kita memutuskan untuk ke snow village dulu yang paling jauh, baru terakhir ke garden light festival yang searah pulang.

Olong didalam shuttle bus monas PRJ
Olong didalam shuttle bus monas PRJ

Begitu sampe PRJ, sebaiknya langsung ke pusat informasi dan ambil peta deh, atau download dari web, karena orang disini serba ga tau kalo ditanya2. Gw pun yang sudah berkali – kali ke JIEXPO, lieurrr.. Karena rame banget dan padet banget. Walopun sebenernya ada shuttle untuk keliling PRJ, tapi kayaknya khasnya ke PRJ ya justru keliling2 ngeliat stand2 PRJ, makanya akhirnya kita memutuskan untuk keliling jalan kaki aja.

wara wiri PRJ
wara wiri PRJ

Berbekal peta pun sampailah kita di snowland. Biayanya 40rb untuk 25 menit, dan wajib pake kaos kaki ya, krn kan wajib pake sepatu boots pinjaman. Kalo Olong udah bawa dari rumah, krn pengalaman main salju di PIM, sepatu bootsnya gede2 banget. Selain snow playgroun, ada ice skating juga, dan bumper boat.

Olong dengan raincoat dan boots yang khusus dibawa dari rumah
Olong dengan raincoat dan boots yang khusus dibawa dari rumah

Habis dari sini, kita sempet mampir (nyangkut) dulu di playground nya toys kingdom, sebelum akhirnya cari makan. Kita memutuskan makan di foodcourt depan panggung aja yang sepi. Karena booth2 makanan semuanya rameee.. even untuk hari biasa. Makanan foodcourt sini rasanya ga enak, standard foodcourt. Olong pesen ayam kremes dan gw gado2.

kids area toys kingdom
kids area toys kingdom

Food Court PRJ 2016

Nah didepan foodcourt ini ada permainan2 anak2. Tenang aja, ini bukan semacam permainan kayak di pasar kaget gitu kok, ini manage by funworld. Dan permainan ini terletak di bbrp area, salah satunya didepan foodcourt ini dan di gambir expo. Harga per ride nya 20rban.

funworld PRJ 2016

funworld PRJ 2016

Dari sini kita lalu ke wild west arena. Tadinya mau naik kuda disini, tapi Olong ga mau. Jadinya kita cuma lihat2 aja. Selain horse riding, ada memanah, outbond2an, bull ride! 😀 Ga ada permainan untuk seumuran Olong lagi, jadi habis liat2 kita lanjut ke garden light festival

wild west area PRJ 2016wild west area PRJ 2016

Disini PRJ juga ada trampolin area, tapi kita gak mampir krn Olong udah pernah ke amped dan bouncestreet, jadi yang ini kayak kurang menarik 😀

trampolin area
trampolin area

Masuk ke garden light festival kita harus bayar 20rb perorang. Dan didalamnya, ada banyak banget permainan anak.

garden of light PRJ 2016

Mainan yang Olong cobain hari ini, bola air, helicak mini dan chocho train. Olong excited banget pengen naik bola air, walopun ternyata pas udah di dalem Olong hanya diam aja, mungkin dalem hati menyesal :D. Nah kalo helicak mini ini semacam kereta2an yang digenjot, dan ini aslik pegel hahaha.. Terakhir kita naik chocho train, mengelilingi garden of light ini. Sebenernya Olong mau naik bianglala, tp bianglalanya kecil banget dan muternya kenceng, jadi gw takut pusing. Dan sebenernya gw dan Olong pengen banget naik perahu dayung, tapi saat itu gw udah capek bgt, takut gak kuat ngedayung hahha..

bola air
bola air
helicak mini
helicak mini
chocho train
chocho train
garden of lights
garden of lights
garden of lights
garden of lights
garden of lights
garden of lights

Karena keterbatasan waktu, kita gak sempet mampir ke semua hall, cuma yang diluar aja kita kelilingin. Boro2 lihat sale yang gede2an itu. Tapi kita sempet mampit ke booth MRT jakarta. Dan disitu cukup lengkap penjelasannya mengenai calon transportasi umum jakarta ini!

jakarta great sale
jakarta great sale
MRT jakarta
MRT jakarta

Nah sebelum turun dari shuttle tadi, gw sempet tanya ke supir nya, jam berapa bus terakhir dari prj ke monas, kata supirnya jam 12 malam, jadi gw merasa aman untuk pulang jam 10 malam. Yang gw ga tau adalah, busway monas – ragunan itu terakhir jam 10 malam. Jadi pas sampe monas jam 11 malam, gw memutuskan untuk naik uber aja, krn kalo mau naik busway harus ke dukuh atas dulu, dan saat itu udah malam, Olong udah tidur, jadi akhirnya gw pesen uber.

Total biaya untuk fieldtrip kali ini :

  1. gojek ke busway ragunan 9.000 (gopay)
  2. busway ragunan – monas  3.500
  3. tiket masuk PRJ 25.000
  4. snowland 40.000
  5. makan 80.000
  6. funworld 20.000
  7. garden of lights 20.000
  8. bola air 15.000
  9. helicak mini 15.000
  10. chocho train 20.000
  11. shuttle PRJ – monas 3.500
  12. uber 58.000

Total 309.000

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s