KEBUN RAYA BOGOR

Ini adalah kedua kalinya Olong ke kebun raya bogor. Yang pertama kali, tahun lalu, Olong ke kebun raya bogor dalam rangka piknik, bareng temen-temen dari grup TUM juli 2013. Yang kali ini kita ke kebun raya bogor, semuanya berawal dari pertanyaan Olong, “micang, didalem kepala Olong ada apa, kok keras?”. Setelah itu Olong jadi suka sama segala sesuatu yang berbau tengkorak dan kerangka. Lalu gw teringet kalo di museum zoologi ada banyak kerangka binatang. Mulai dari kerangka mamalia, unggas, sampe kerangka manusia, tapi gongnya adalah kerangka great whale yang GEDE banget.

 

kerangka manusia, orang utan dan kera
kerangka manusia, orang utan dan kera
kerangka badak, harimau, anoa dan tapir
kerangka badak, harimau, anoa dan tapir
kerangka great whale
kerangka great whale
kerangka kura2, burung, kelelawar, ular, kodok dll
kerangka kura2, burung, kelelawar, ular, kodok dll

Nah museum zoologi ini adanya didalam kebun raya bogor. Biaya masuknya sudah termasuk HTM kebun raya bogor, yaitu Rp 14.000. Karena rumah gw di ciganjur dan dekat dengan stasiun kereta tanjung barat, maka gw memutuskan untuk naik KRL aja. Supaya cepet sampenya. Dari stasiun tanjung barat ini cuma 8 stasiun aja sampe bogor. Dan sampe stasiun bogor cukup sekali naik angkot 02, turun didepan pintu 1 kebun raya bogor. Nah dari pintu 1 ini, walkable banget ke museum zoologi.

kebun raya bogor pintu 1
kebun raya bogor pintu 1
HTM Kebun Raya Bogor
HTM Kebun Raya Bogor

Karena sampe kebun raya bogor Olong tidur, maka gw memutuskan untuk makan duluan. Kali ini gw ke kebun raya bogor gak bawa bekel kayak tahun lalu pas piknik. Kalo #rabubersamaOlong emang gw sengaja gak bawa makanan, sekalian ngajak Olong cobain makanan2 diluar soalnya. Yang gw tau di dalam kebun raya bogor ada Grand Garden Cafe. Tapi ternyata jalannya cukup jauh dari pintu 1. Setelah tanya sama mba penjaga gerbang masuk, didalam ada restoran juga selain Grand Garden Cafe. Bener aja, gak jauh dari gerbang, ada restoran kecil, gw duduk disitu sambil ngadem.

cafe kenari
cafe kenari
Daftar menu makanan dan minuman
Daftar menu makanan dan minuman

Lalu gw memesan menu paling standard yaitu nasi goreng, yang rasanya biasa aja, tapi harga nya terjangkau lah. Dan buat Olong gw pesenin nasi dan ayam bakar. Gw gatau sih rasanya gimana tapi Olong habis tuh 1 porsi. Gak lupa segelas minuman dingin untuk penyejuk dahaga.

Pas Olong bangun udah sekitar jam 2, lalu Olong buru-buru makan supaya selain ke museum zoologi kita sempet keliling kebun raya bogor. Nah kemarin-kemarin, gw sempet galau, ke kebun raya bogor gak bawa mobil bisa gak ya. Karena kan tahun lalu kita kesini naik mobik pribadi, jadinya kita bisa kelilingin kebun raya bogor dari ujung keujung. Gw tau sih ada shuttle bis di kebun raya bogor, tapi gw taunya itu hanya untuk weekend, karena kalo weekend kan memang mobil gak boleh masuk. Tapi ternyata, shuttle bis ini juga beroperasi hari biasa. Ada 2 jenis bisnya, yang besar dan yang kecil kayak angkot. Biayanya sama 15.000/orang, dibawah 3 tahun masih gratis. Kelebihan naik shuttle juga, supirnya berperan ganda, sebagai supir dan guide. Jadi sambil keliling, kita juga sambil dijelaskan mengenai isi dari kebun raya bogor ini.

Shuttle Bus Kebun Raya Bogor
Shuttle Bus Kebun Raya Bogor

Setelah keliling naik shuttle, kita buru-buru ke museum zoologi. Kenapa kita serba terburu-buru, karena museum zoologi, shuttle bus dan kebun raya bogor ini tutup jam 4 sore. Sedangkan waktu itu sudah jam 3 sore. Untungnya museum ini gak terlalu besar, jadi kita cukup waktu untuk melihat seluruh isi museum. Tapi sayang pada waktu itu didalam museum lagi rame banget, banyak anak sekolah yang study tour, jadi museum terasa agak sumpek, dan Olong pun ngerasa kurang nyaman. Padahal waktu kunjungan pertamanya tahun lalu, Olong seneng banget, keliling-keliling depan belakang depan belakang gak berenti-berenti mengagumi koleksi hewan air keras di museum zoologi ini.

Jadwal Museum Zoologi
Jadwal Museum Zoologi
Museum Zoologi
Museum Zoologi

Nah selesai dari sini, ternyata kita masih punya waktu untuk jalan-jalan ke taman meksiko. Dari museum zoologi, kita balik lagi ke arah pintu 1, lalu jalan sekitar 400 meter aja, sampe deh. Tahun lalu, kita cuma sempet ngelewatin doang, ga sempet foto-foto. Padahal taman ini bagusss bgt. Dan sangat instagramable. Pokoknya berkesan banget deh, sampe gw bergumam, suatu saat harus balik kesini dan berfoto. Tapi gatau kenapa, gw udah berusaha memotret dari berbagai macam angle, hasil nya kurang memuaskan. Dan juga langit bogor udah mulai mendung, jadi agak kurang cahaya.

Di taman meksiko ini, kita bener-bener dikasih kesan gersangnya. Tapi walau begitu semua tanamannya sangat terawat. Dan jalanannya pun dibuat berkelok – kelok sehingga kita seperti sedang melintasi daerah gersang meksiko.

Taman Meksiko
Taman Meksiko
Antara kaktus dan bebatuan
Antara kaktus dan bebatuan
The Path way
The Path Way
The mexican musician
The mexican musician

Selesai berjalan sekeliling taman meksiko, langit semakin gelap, tapi untungnya hari itu sama sekali gak hujan, padahal di jakarta hujan deras banget! Kita lalu balik ke pintu 1. Dari situ naik angkot 03 sekali, turun di stasiun Bogor.

Total biaya buat fieltrip kali ini :

  1. Gojek ke stasiun tanjung barat (promo gopay) 8.000
  2. KRL ke bogor 2.500
  3. Angkot ke kebun raya bogor 5.000
  4. HTM kebun raya bogor 14.000
  5. Makan 46.000
  6. Shuttle Bus kebun raya bogor 15.000
  7. Angkot ke stasiun bogor 5.000
  8. KRL ke tanjung barat 2.500
  9. Gojek ke rumah (promo gopay) 8.000

= Rp 106.000

One thought on “KEBUN RAYA BOGOR

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s